Cara Mudah Membedakan Kaki Transistor

Identifikasi Kaki Transistor

Hari ini, saya akan memberi Anda cara tercepat bagaimana mengidentifikasi kaki transistor. Caranya adalah dengan membaca datasheet. Akhir cerita .. LOL.

Saya serius. Ini adalah cara tercepat dan termudah. Tapi, itu hanya untuk pemula, kita menginginkan sesuatu dengan cara canggih di sini, bukan? Jadi, silahkan baca keseluruhan tulisan berikut ini tentang Bagaimana Mengidentifikasi kaki Transistor dan perhatikan langkah-langkahnya.

Langkah 1 – Identifikasi Basis Transistor

Bagaimana Mengidentifikasi Pins Transistor
  • Hidupkan Ohm pemilih meter untuk x100 atau x1k.
  • Untuk transistor NPN basis harus terhubung ke test lead HITAM (dalam hal ini, itu adalah potensial NEGATIF ​​dari multimeter analog, namun sebenarnya potensial POSITIF dari baterai di dalam multimeter). Jadi, pilih salah satu kaki dan hubungkan dengan test lead HITAM.
  • Hubungkan test lead MERAH ke kaki yang lainnya satu persatu, lihat di pembacaan meter, jika pointer bergerak pada kedua pembacaan, berarti kaki transistor pada test lead HITAM adalah BASIS.
  • Jika Anda tidak melihat pointer bergerak pada kedua pembacaan, pindahkan test lead HITAM ke kaki lainnya. Lakukan hal yang sama seperti langkah di atas.

Langkah 2 – Mengidentifikasi Emitter Transistor dan Kolektor

  • Pindahkan Selektor meter ke x1k atau x10k.
  • Ukur resistansi diantara kedua kaki yang tersisa dua kali, namun posisi test lead ditukar untuk pembacaan kedua.
  • Anda akan melihat pembacaan resistansi yang berbeda, pilih salah satu yang terendah, sehingga kaki pada test lead HITAM adalah EMITTER, dan yang lainnya adalah COLLECTOR.

Nah, begitu saja, mudah bukan? Sekarang Anda telah mengidentifikasi semua kaki transistor dan Anda siap untuk membangun sendiri proyek elektronika.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *